REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (ALIH KREDIT)
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal (Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 26 Tahun 2016).
Sistem Alih Kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi.
RPL Transfer/ Mahasiswa Pindahan
RPL yang diberikan kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka berupa pengakuan atas hasil pembelajaran formal ke capaian pembelajaran. Alih kredit mengakomodir 2 jenis : Alih jenjang (dari Diploma ke Sarjana yang relevan) dan Lintas Jalur (dari Diploma ke Sarjana yang tidak relevan) serta mahasiswa pindahan/transfer yang belum lulus dan tidak berstatus DROP OUT.
Berkas Persyaratan:
1. Form Data Pribadi (Tersedia)
2. Scan KTP Asli
3. Pasphoto Formal (3×4 berwarna)
4. Formulir tanda tangan mahasiswa
5. Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (Tersedia)
6. Surat Keterangan Pindah dari perguruan tinggi lama/ Asal
7. Photocopy transkrip Nilai legalisir cap basah
8. Tangkapan layar (screenshot) data calon mahasiswa dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (Jika tidak terdaftar maka wajib menyertakan surat keterangan dari Perguruan Tinggi asal/sebelumnya.
9. CV (Curricullum Vitae) Tersedia
RPL PGSD dan PGPAUD
RPL yang diberikan kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka (khusus Program Studi PGSD dan PGPAUD) berupa pengakuan atas masa mengajar calon mahasiswa (yang dibuktikan dengan SK Mengajar minimal 1 tahun) dan telah memiliki ijazah Sarjana sebelumnya.
Berkas Persyaratan:
1. Form Data Pribadi (Tersedia)
2. Scan KTP Asli
3. Pasphoto formal (3×4 berwarna)
4. Formulir tanda tangan mahasiswa
5. Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (Tersedia)
6. Photocopy Ijazah S1 dilegalisir Cap Basah
7. Photocopy Transkrip Nilai dilegalisir Cap Basah
8. Surat Keterangan (SK) Pengangkatan sebagai guru pada bidang terkait(SK Sekolah/Yayasan)
9. Surat Keterangan Mengajar sebagai guru bidang terkait (Tersedia)
10. Form Penilaian Kinerja Professional Guru (Tersedia)
11. Scan Ijazah SMA Asli
12. Tangkapan layar (screenshot) data calon mahasiswa dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (Jika tidak terdaftar maka wajib menyertakan surat keterangan dari Perguruan Tinggi asal/sebelumnya.
13. CV (Curricullum Vitae) Tersedia
14. Dokumentasi Perangkat Pembelajaran (RKH, Modul Ajar, Media dan Bahan Pembelajaran)
15. Dokumentasi Administrasi Kelas
16. Surat Keterangan Pembina Esktrakulikuler (Jika Memiliki)
17. Bukti Prestasi Berupa Piagam Penghargaan (Jika Memiliki)
18. Bukti Pelatihan atau Diklat berupa sertifikat atau Piagam (Jika Memiliki)
19. Data Dapodik (Jika Memiliki)
RPL S1 lainnya
Khusus calon mahasiswa yang sudah memiliki ijazah S1 dan ingin mengambil kembali program studi S1 di UT dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Perolehan dan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester)
Berkas Persyaratan:
1. Form Data Pribadi (Tersedia)
2. Scan KTP Asli
3. Pasphoto formal (3×4 berwarna)
4. Formulir tanda tangan mahasiswa
5. Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (Tersedia)
6. Photocopy Ijazah S1 dilegalisir Cap Basah
7. Photocopy Transkrip Nilai dilegalisir Cap Basah
8. Memiliki pengalaman bekerja yang relevan dengan program studi yang dituju di UT minimal 2 tahun dan dibuktikan dengan Curriculum Vitae (CV) yang ditandatangani oleh atasan langsung.
BIAYA PENGAJUAN SEMUA PROGRAM
PENDAFTARAN*
Admisi & Program RPL 400.000
Almamater & Starter KIT 250.000
*Harga tidak termasuk biaya layanan & keanggotaan salut.
KONSULTASI & INFORMASI HUBUNGI:
Admin 1 : 0895333512507 (Jajang Rosadi)
https://wa.me/message/IOIFUXTOGTBHJ1
Admin 2 : 082210828072 (Septiana Anggun)
Atau datang langsung ke kantor kami:
SALUT WIBAWA SAKTI
Ruko Simprug Plaza, Kawasan Stadion Wibawa Mukti, Jl. Cikarang Baru Raya B1 No. 26, RT. 5 RW. 11 Kel. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi, Jawa Barat 17823.
Maps:
https://g.co/kgs/NnHJEhV
Jam Operasional:
Senin-Sabtu :09.00-17.00 WIB
Minggu :10.00-16.00 WIB